Sabtu, 08 Desember 2012

Kanker Hati

http://naturindonesia.com/component/content/article/1111.html
Definisi Kanker Hati



Kanker Hati - Hepatocellular Carcinoma
Kanker hati (hepatocellular carcinoma) adalah suatu kanker yang timbul dari hati. Ia juga dikenal sebagai kanker hati primer atau hepatoma. Hati terbentuk dari tipe-tipe sel yang berbeda (contohnya, pembuluh-pembuluh empedu, pembuluh-pembuluh darah, dan sel-sel penyimpan lemak). Bagaimanapun, sel-sel hati (hepatocytes) membentuk sampai 80% dari jaringan hati. Jadi, mayoritas dari kanker-kanker hati primer (lebih dari 90 sampai 95%) timbul dari sel-sel hati dan disebut kanker hepatoselular (hepatocellular cancer) atau Karsinoma (carcinoma).

Ketika pasien-pasien atau dokter-doter berbicara tentang kanker hati, bagaimanapun, mereka seringkali merujuk pada kanker yang telah menyebar ke hati, yang telah berasal dari organ-organ lain (seperti kolon/usus besar, lambung, pankreas, payudara, dan paru). Lebih spesifik, tipe kanker hati ini disebut penyakit (kanker) hati metastatik atau kanker hati sekunder. Jadi, istilah kanker hati sebenarnya dapat merujuk pada kanker hati metastatik atau kanker hepatoselular. Subyek dari artikel ini adalah hepatocellular carcinoma, yang akan saya rujuk sebagai kanker hati.

Tanda-tanda

Asimtomatik
Untuk beberapa orang dengan kanker hati, tidak ada gejala akan terwujud sama sekali, bahkan pada tahap akhir dari penyakit. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh tumor kanker tidak pernah benar-benar mempengaruhi fungsi keseluruhan organ. Namun, itu juga sangat mungkin bahwa gejala orang yang mengalami begitu halus sehingga mereka tidak pernah menyebabkan alarm apapun. Hal ini tidak sampai pemeriksaan rutin bahwa kondisi ini didiagnosis.


Nyeri
Salah satu gejala yang lebih umum dari kanker hati adalah rasa sakit. Nyeri ini biasanya terisolasi ke dada, tetapi juga dapat berdifusi ke daerah tetangga tubuh. Ketika tumor tumbuh, terutama di sepanjang dinding perikardium, dapat menyebabkan cairan menumpuk dalam kantung perikardial, yang merupakan lapisan pelindung yang mengelilingi jantung. Seiring waktu, cairan dapat mempengaruhi cara jantung memompa darah sebenarnya dan meminta beberapa tingkat nyeri dada.


Sesak Nafas
Sebagai fungsi keseluruhan jantung dipengaruhi oleh pertumbuhan sel-sel kanker, akhirnya dapat mengambil tol pada sirkulasi darah, membatasi jumlah oksigen melewati seluruh tubuh. Dengan penurunan elemen dalam sistem, respirasi dapat menjadi diubah, memicu sesak napas atau perasaan sensasi dijelaskan tele. Jika kondisi ini berlanjut, orang tersebut bisa menjadi lebih mudah lelah atau kelelahan, tidak hanya dari tenaga yang sangat fisik, tetapi juga sehari-hari kegiatan.


Palpitasi
Ini juga tidak jarang menderita jantung berdebar periodik selama hidup dengan sarkoma jantung. Ketika tumor berkembang dalam setiap bagian dari hati, cara di mana otot rileks dan kontrak dapat menjadi terpengaruh, memicu perubahan dalam irama. Hal ini dapat dirasakan sebagai denyut jantung tidak teratur atau tidak rata, serta denyut nadi cepat atau berdebar-debar.


Pembengkakan
Gejala lain potensi kanker hati adalah pembengkakan dalam ekstremitas luar tubuh. Ini biasanya merupakan indikasi dari beberapa jenis obstruksi dalam hati, baik membatasi asupan atau output darah dari pembuluh khusus. Seiring dengan berjalannya waktu, cairan mungkin mulai menumpuk di dalam kaki, pergelangan kaki atau kaki bagian bawah. Bagi yang lain, bahkan mungkin menyebabkan beberapa distensi (atau pembengkakan) di wilayah perut.


Pukulan
Meskipun tidak harus sebagai umum sebagai gejala lain dari kondisi ini, orang mungkin juga menderita dari akibat stroke untuk suatu sarkoma jantung. Dalam situasi ini, gejala sebenarnya adalah hasil dari sebagian dari tumor melepaskan diri dari dirinya sendiri dan menciptakan penyumbatan dalam pembuluh darah yang membawa darah ke otak. Hal ini membatasi mencret darah, oksigen dan nutrisi ke daerah ini dari tubuh, menyebabkan otak untuk bereaksi dengan cara ini.


Gejala lain
Sementara ini mungkin beberapa dari tanda-tanda yang lebih umum dari kanker hati, beberapa orang mungkin mengembangkan gejala lain dari kondisi yang akan dianggap “tidak spesifik” untuk penyakit. Untuk beberapa, sarkoma jantung mungkin menimbulkan keringat malam atau kehilangan berat badan. Orang lain mungkin mulai mengalami elevasi suatu suhu tubuh, sehingga demam periodik. Beberapa bahkan mungkin pergi ke gagal jantung karena pertumbuhan kanker. Bagaimana gejala nyata tergantung pada individu, lokasi dari jaringan ganas dan tahap penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar