Sabtu, 08 Desember 2012

Karakteristik Kanker Hati

http://kankerhati.net/penyakit-kanker-hati/#more-5

1. Karakteristik-karakteristik populasi (demografis), seperti jenis kelamin laki-laki, umur yang lebih tua, atau konsumsi alcohol.

2. Gejala-gejala, seperti kehilangan berat badan dan nafsu makan yang berkurang.

3. Tanda-tanda gangguan fungsi hati, misalnya keadaan mental yang berubah.

4. Tes-tes darah, seperti tes hati yang meningkat (bilirubin atau transaminase), albumin yang berkurang, kenaikan Blood Urea Nitrogen (BUN), atau serum sodium yang rendah.

5. Tingkatan tumor berdasarkan penemuan-penemuan operasi. Misalnya, lebih dari satu tumor, tumor lebih dari tiga sentimeter, invasi tumor dari pembuluh-pembuluh darah local (vena portal atau vena hepatic), juga tumor yang menyebar keluar dari hati ke simpul-simpul limpa atau organ-organ lainnya.

Penentuan tingkatan kanker hati bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memerhatikan penemuan-penemuan klinis maupun karakteristik-karekteristik patologis. Bahkan, dengan mengombinasikan elemen-elemen  klinis serta patologis. Penentuan tingkatan itulah yang menjadi petunjuk untuk meramalkan hasil akhir (prognosis) dan keputusan tentang perawatan

Waktu penggandaan untuk suatu kanker adalah masa yang diperlukan tumor untuk mengggandakan ukurannya. Untuk kanker hati, waktu penggandaan itu sangat bervariasi, berkisar antara 1 – 18 bulan. Hal ini menunjukkan bahwa setiap penderita kanker hati adalah unik. Jadi, sulit untuk melakukan penilaian sejarah alami dan evaluasi dari perawatan yang berbeda.

Meskipun demikian, 90 persen penderita kanker hati dengan ukuran kurang dari tiga sentimeter dan tanpa perawatan bisa hidup untuk satu tahun, 50 persen untuk tiga tahun dan 20 perrsen untuk lima tahun. Sedangkan, 30 persen penderita kanker hati stadium lanjut akan hidup untuk satu tahun, 8 persen untuk tiga tahun, dan nol persen untuk lima tahun
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar